Amazing Fay

Catatan Harian Fairuz Khairunnisa'

Monday, March 05, 2007

Hikmah Nge-Games

Bagi Fay, main Games mendatangkan hikmah tersendiri. (Loh, bukannya Games sering merugikan anak-anak, khususnya berkaitan dengan pelajaran sekolahnya?).

Nah, bagi Fay, Games, yang berbahasa Inggris ini justru memicu kepenasarannya untuk mencari arti dari kata-kata yang dia temukan. Meski nggak betul-betul dia ngerti (setelah diartikan ke dalam Bahasa Indonesia).

Seperti Ahad pagi kemarin, tiba-tiba Fay bertanya pada Ayah, "Traffic bahasa Indonesianya?"
Ayah: "Lalulintas.
Fay: *Terdiam. Seperti berpikir.*

Tiba-tiba Fay bertanya lagi, "Bevels bahasa Indonesianya?"
Ayah: *karena nggak yakin dengan pelafalannya, Fay disuruh mengulangi sekali lagi. Tapi dia pinter, dia menuliskannya di kertas. Tertulis, "bevels".
Ayah: *terdiam* (nggak tau artinya).

Lalu, Ibu mengambil kamus Poerwadarminta (Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris) Cetakan III/1974. Ternyata setelah dicari-cari, kata yang dimaksud tidak ketemu. Yang ada malah kata between, lalu di bawahnya beverage.

Ayah: "Nggak ada Fay."
Fay: "Ada!" *dengan yakinnya* (kami ketawa)

Lalu, Ibu kembali mengambil Oxford Advanced Learner's Dictionary (Ingris-Inggris). Ketemulah kata bevel, yang artinya: n 1. sloping edge or surface e.g. at the side of a picture frame or a sheet of plate glass 2. tool for making such edges. bevel v give a sloping edge to: bevelled edges.
(tapi tetep, kami belum ngarti juga apa maksud bevel ini).

Kembali, Ibu mengeluarkan kamus Poerwadarminta (Inggris-Indonesia). Kali ini lebih jadul lagi, cetakan tahun 1959 (harganya aja Rp 127,-), punya neneknya Fay waktu sekolah dulu.
Nah, ketemulah kata yang dimaksud. Bevel artinya lereng.

Setelah diberitahu arti bevel yang ditanyakannya, Fay pun terdiam, seolah tak pernah terjadi apa-apa. Padahal ortunya sudah mengeluarkan tiga kamus loh! Untung belum dikeluarkan satu lagi, Webster's Dictionary (Inggris-Inggris), yang dilengkapi gambar ilustrasi. Hehehe.

Fay, Fay. "Seperti kebelet pipis saja," ujar Ibunya, mengomentari desakan Fay waktu minta arti bevel, meski Ayah sudah menyerah. :))

*Ternyata, Ibu baru ingat. Kata traffic dan bevel(s) itu ditemukan Fay di Games permainan kata, di komputer yang sehari-hari dia mainkan. :)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home