Amazing Fay

Catatan Harian Fairuz Khairunnisa'

Tuesday, October 12, 2004

Batal?

Kelas 1 dibagi "rapor bayangan" (rapor sementara yang memuat nilai hasil midtes), Sabtu (9/10), termasuk Fay. Hasilnya, Fay meraih ranking 10 dari 34 siswa. Sebagai siswa yang masuk 10 besar, Fay dan sembilan temannya yang lain dipanggil ke depan, untuk menerima rapor sekaligus ucapan selamat dari Bu Guru.

Nilai rata-rata mata pelajaran Fay adalah 8,5; dengan perincian sbb: Pendidikan Agama Islam (nilai 10), Bahasa Indonesia (9,8), Matematika (7,0), Sains (10,0), Pengetahuan Sosial (9,7), Kertakes (8,0), Penjaskes (7,0), dan Bahasa Sunda (9,0).

Saya merasa aneh, Pendidikan Agama di rapor kok ditulis 10,0, padahal nilai midtesnya kan 8,0? *saya mau "protes" nih* :D (dapat bonus nilai kok protes :P). Soalnya, itu bukan nilai Fay sebenarnya.

Kemarin, saya tanya sama Bu Guru, soal nilai yang terlihat janggal itu. Ternyata benar saja. Kata Bu Guru, nilai Pendidikan Agama Fay di rapor salah tulis. Di buku besar Bu Guru rupanya tetap tertulis 8,0. Artinya, nilai rata-rata rapor Fay bukan 8,5, melainkan kurang dari itu. Jadi, Fay sebenarnya ranking berapa dong? :D

Sebetulnya, bukan ranking tinggi yang saya tekankan dari Fay. Bisa mengikuti pelajaran dengan baik dan mengikuti ujian saja sudah bersyukur. Apalagi sampai dapat nilai bagus segala. Tapi saya sengaja membiarkan Fay apa adanya, dengan jawaban versinya, salah atau benar (meski pada ujian guru seringkali memberi clue jawaban yang benar). Yang terpenting, Fay bisa menyerap ilmu yang diajarkan guru, meski sedikit demi sedikit.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home