Amazing Fay

Catatan Harian Fairuz Khairunnisa'

Thursday, March 03, 2011

Panggilan dari Kebon Maen



Kemarin hapeku berdering. Dari seberang sana mengabarkan, kalau Fay dipanggil untuk diobservasi, untuk proses masuk ke SMP Kebon Maen. Observasi oleh seorang psikolog itu, merupakan syarat untuk masuk ke sekolah komunitas yang terdiri dari TK, SD, dan SMP itu.

Akhir tahun lalu, kami memang mendaftarkan Fay agar bisa bersekolah di SMP Kebon Maen. Meski tahun ajarannya baru di pertengahan 2011, kami sengaja "inden" agar Fay mendapatkan tempat.

Mudah-mudahan saja, Fay --satu-satunya anak ABK (special needs)-- di angkatannya, bisa masuk ke Kebon Maen, dan senang bersekolah di sana.

Sesuai namanya, Sekolah Komunitas Kebon Maen, yang berlokasi di Perumahan Griya Telaga Asri, Jalan Raya Bogor KM 41, Kabupaten Bogor (di dekat perbatasan Kota Depok) itu, merupakan sekolah kebun dengan kelas terbuka; di bawah pohon rindang, dan juga di seputar perumahan.

Aku amati, kegiatan belajar mengajar lebih banyak dilakukan di luar ruangan (outdoor). Saat menerima pelajaran, anak-anak tampak ceria, karena guru menyampaikannya tidak secara formal (mis. guru mengajar, sedangkan murid mendengarkan sambil duduk tegak --sebagaimana sekolah biasa), melainkan sambil bermain.

Menurut blog Sekolah Komunitas Kebon Maen, sekolah komunitas ini merupakan "Sebuah sekolah dengan menonjolkan hubungan antara anggota komunitas (guru, orangtua, yayasan dan pengelola) untuk berjalan dengan kadar yang dimilikinya idealis dan realistis."

Foto: gedung kayu, kantor Sekolah Kebon Maen [Facebook Kebon Maen]

0 Comments:

Post a Comment

<< Home