Amazing Fay

Catatan Harian Fairuz Khairunnisa'

Tuesday, August 24, 2004

Dapat Nilai 50

Fay kemarin dapat nilai 50 dalam ulangan pelajaran Bahasa Indonesia. Ternyata, dilihat dari jawaban Fay atas empat soal menjodohkan itu, Fay bukannya tidak bisa mengerjakannya, melainkan kurang tepat dalam membuat garis lurus. Maklumlah, meski dilatih terus, motorik halus Fay belum bagus, termasuk dalam memegang pensil dan menorehkan tulisan atau garis. Kayaknya, dari satu kelas (kelas B), tulisan Faylah yang paling "bagus" (dibaca sebaliknya :P).

Soal yang diberikan, menjodohkan gambar (mata, telinga, hidung dan kaki) dengan kata "mata, teling, hidung dan kaki", dengan cara menarik garis lurus yang menghubungkan keduanya. Sebenarnya, Fay bisa mengerjakan semua. Tapi pada saat menarik garis untuk kata "hidung dan kaki", garis yang ditarik Fay tidak tepat pada katanya, melainkan agak melenceng ke kata lainnya. Jadinya, guru menganggap jawaban Fay salah.

Yah, begitulah. Fay masih harus di-drill dalam soal motorik halus.

Oya, ada yang lainnya. Fay juga belum bisa memahami perintah dan sukar berkonsentrasi pada pelajaran. Tapi kalau perintah itu diterjemahkan dengan "bahasa" yang dimengertinya, Fay dengan gampang melakukannya. Saya kira, bukan masalah akademis yang jadi hambatan, tapi masalah pemahaman apa yang guru mau dengan konsentrasi yang gampang teralih.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home