Belajar Identitas dan Profesi
Di tempat terapi, Fay diajari identitas diri secara sederhana. Seperti, "nama saya Fay, umur saya enam tahun". Tapi Fay belum diajari alamat, soalnya menurut terapisnya, Bu Kiki, terlalu panjang bagi dia kalau harus menghapal nama kompleks, nomor blok, apalagi pake RT/RW.
Selain identitas, Fay juga diajari macam-macam profesi dan fungsinya. Misalnya, ini apa? [sambil menunjukkan gambar seorang perawat]. Perawat. Perawat tugasnya merawat orang sakit. Atau dokter. Dokter tugasnya mengobati orang sakit. Juga yang lainnya, seperti wartawan, petani, pedagang, polisi.
Di rumah, Fay bukan hanya membuat alat peraga untuk dirinya sendiri dari guntingan gambar di majalah. Melainkan menggambar sendiri gambar yang dia anggap kurang lengkap. Tadi pagi dia sibuk menggunting dan menempel gambar-gambar orang [laki-laki, perempuan, anak laki-laki, anak perempuan] karyanya sendiri yang sudah diwarnai. *Tampaknya, gak ada bedanya ya? :P*
Tadi pagi juga, tak ada hujan tak ada angin, tiba-tiba Fay menunjuk ayahnya sambil bilang: "laki-laki". Lalu menujuk saya, dan bilang "perempuan". Setelah itu, menunjuk dirinya sendiri: "anak perempuan". :D
Selain identitas, Fay juga diajari macam-macam profesi dan fungsinya. Misalnya, ini apa? [sambil menunjukkan gambar seorang perawat]. Perawat. Perawat tugasnya merawat orang sakit. Atau dokter. Dokter tugasnya mengobati orang sakit. Juga yang lainnya, seperti wartawan, petani, pedagang, polisi.
Di rumah, Fay bukan hanya membuat alat peraga untuk dirinya sendiri dari guntingan gambar di majalah. Melainkan menggambar sendiri gambar yang dia anggap kurang lengkap. Tadi pagi dia sibuk menggunting dan menempel gambar-gambar orang [laki-laki, perempuan, anak laki-laki, anak perempuan] karyanya sendiri yang sudah diwarnai. *Tampaknya, gak ada bedanya ya? :P*
Tadi pagi juga, tak ada hujan tak ada angin, tiba-tiba Fay menunjuk ayahnya sambil bilang: "laki-laki". Lalu menujuk saya, dan bilang "perempuan". Setelah itu, menunjuk dirinya sendiri: "anak perempuan". :D
0 Comments:
Post a Comment
<< Home