Amazing Fay

Catatan Harian Fairuz Khairunnisa'

Wednesday, October 12, 2005

Belajar Shalat dan Puasa

FAY belum bisa shalat. Karena itu, ia belajar melakukannya. Ashar, maghrib, isya (kecuali shubuh, karena belum bangun), Fay biasanya diajari shalat. Lebih sering oleh Ibu. Sesekali sama Ayah. Di sekolah juga Fay rutin belajar shalat dhuha dan dzuhur.

Fay -yang mengenakan mukena kepunyaannya sendiri- belum bisa berdiri diam selagi shalat. Badannya terus goyang ke kiri dan kanan. Jadinya, kami sibuk memegangi badannya biar diam. Mulutnya juga sibuk bergumam, kecuali saat disuruh baca surat Al Fatihah. Selain Fatihah, Fay baru hapal bacaan surat-surat pendek (seperti Al Ikhlas, Al Kautsar, Al Falaq, dan An Nas). Juga bacaan ruku dan sujud, i'tidal dan attahiyat. Sisanya, kami yang mendiktekan.

Tapi, pas diajak shalat maghrib berjamaah bersama ayahnya, Fay mau mengikuti semua gerakan. Ia berdiri di samping Ibu.

Sekarang, Fay sedang diajari hapalan surat-surat pendek lebih banyak lagi, biar bacaan setelah Fatihah-nya bisa berganti-ganti.

* * *

Saat Ramadhan ini, Fay kami coba diajari puasa. Masalahnya, Fay masih belum mengerti konsep puasa: (yang paling tampak) tidak makan dan minum.

Pernah, Fay bangun saat kami sahur. Fay pun ikut sahur. Tapi, sekitar pukul setengah delapan pagi, Fay sudah minta makan lagi. Ya, jadilah puasa hanya beberapa jam.

Di hari-hari lainnya, Fay susah kami suruh untuk tidak makan dan minum sampai waktu dzuhur. Karena memang belum mengerti apa itu puasa.

2 Comments:

  • At 2:39 PM, Anonymous Anonymous said…

    wah tapi fay sudah pinter ya dah belajar sholat :)*dua jempol*

    *)Nte Iin

     
  • At 10:25 AM, Blogger Fay said…

    alhamdulillah, te iin. kalau sholat, fay cenderung mudah diajari, karena jelas (gerakan maupun bacaannya). tapi kalau shaum, ia sama sekali belum mengerti (konsepnya). kalau ingin makan ya makan, ingin minum ya minum. :)

     

Post a Comment

<< Home