Amazing Fay

Catatan Harian Fairuz Khairunnisa'

Monday, August 26, 2013

Tidak Bisa atau Tidak Mau Tidur ?

Semakin lama, pola tidur Fay semakin tidak jelas. Dan ini berimbas pada jam tidur kami. Seperti semalam, jam 00.30 aku terbangun dan kulihat Fay masuk ke kamar kami. Rupanya, ayahnya Fay yang sedang mengerjakan pekerjaan kantornya (update berita), ketiduran. Mendengar Fay ribut di kamarnya, ayah sontak terbangun dan dalam keadaan lulungu (kesadaran belum terkumpul betul) membiarkan Fay keluar dari kamarnya karena menyangka hari telah pagi.

Sepanjang malam itu, tidur kami tidak bisa benar-benar lelap, karena berkali-kali Fay ribut. Ada saja permintaannya. Minum lah, minta sapu, karena lantai penuh pasir akibat dia mengorek-ngorek dinding kamar, dan dia minta kami menyapu sisa jatuhan pasir dan semen yang dia korek itu. Tau nggak, pasir dan semen yang dikoreknya itu dibuang ke mana? Ke WC, lalu di-flush! Duh, dia nggak pernah mau ngerti penjelasanku, kalau itu bisa mengakibatkan WC mampet.

Saat dia "beraksi", begitu aku dekati ke kamarnya, biasanya dia lari ke kamar mandi (kamar mandinya kebetulan ada dalam kamar), dengan alasan BAB atau BAK. Kemudian dia berlama-lama nongkrong di sana. Ada-ada saja yang dia kerjakan. Pokoknya, dia tidak mau tidur. Titik! Padahal, kalau pagi dan selama jam pelajaran di sekolah, shadow teacher (guru pendamping) dan teman-teman sekolahnya sering melaporkan kalau Fay tidak bisa konsentrasi belajar karena selalu mengantuk.

Sejak mulai adanya kebiasaan Fay menunda tidurnya hingga larut malam, aku berusaha mengirimnya masuk kamar jam 20.00, lalu menguncinya dari luar, serta mematikan lampu kamarnya, juga dari luar. Ayahnya Fay memindahkan saklar lampu kamarnya ke luar kamar, jadi bisa mengontrol nyala tidaknya lampu dari luar. Masalahnya, kamar mandinya yang ada di dalam kamar itu lampunya tak mungkin kami matikan lampunya juga. Karena kalau dia mau ke kamar mandi malam-malam (benar-benar untuk keperluan BAB atau BAK), kan kasihan kalau dalam keadaan gelap.

Akhirnya, setiap hari sekolah, jam berapa pun tidurnya, begitu azan subuh berkumandang, Fay selalu kubangunkan. Selain agar dia tidak terlambat ke sekolah karena letaknya yang jauh dari rumah (1 jam perjalanan dengan sepeda motor), aku berharap bisa menghentikan kebiasaan tidur larut malam dan mengantuk sepanjang siang.

Ternyata ini tidak berhasil. Beberapa hari ini, saking putus asanya, kami memberikan "Lelap" atau "CTM" setiap habis makan malam, dengan harapan, dia bisa tidur lelap di malam hari dan bangun dengan segar di pagi hari. Hasilnya? Tidak ngaruh, dia tetap saja bugar di malam hari. Semalam lewat tengah malam baru dia tidur, dan pagi-pagi di kursi teras ketiduran. Hadeuwh... ibu sama sekali nggak hepi kalo gini caranya nih...

(Akhirnya "Lelap" dan "CTM", diganti dengan vitamin C 50 Mg merek IPI, dengan sugesti, "ini vitamin diminum, cepat tidur ya?")

Labels: , , ,

2 Comments:

  • At 8:16 PM, Blogger Julie said…

    De, apa kasih obatnya sudah tanya-tanya ke dokter dulu? Saya kok kuatir efek sampingnya. Obat seringan apa pun kan ada efek samping nya, ya?

    Ikut prihatin ya De, semoga ini cuma sesaat aja. Saya malah kuatir kalau dia ngantuk dan ketiduran di motor waktu pergi ke sekolah.

    Peluk hangat!

     
  • At 1:06 PM, Blogger Fay said…

    iya ceu, saya juga sedar sebenarnya itu tidak baik. cuma adua hari kok. hehehe setelah itu nggak lagi.

     

Post a Comment

<< Home