Amazing Fay

Catatan Harian Fairuz Khairunnisa'

Wednesday, November 04, 2015

Bagaimana Cara Melindungi Fay dari Diri Fay Sendiri?

Sejak kecil, Fay cenderung melukai dirinya sendiri, meski tak terlalu tampak. Misalnya, saat menggaruk lengan atasnya yang gatal, kulitnya sampai lecet-lecet yang menimbulkan bekas. Kulitnya jadi tidak mulus lagi, tampak seperti luka bekas sundutan rokok.

Itu sudah lamaa sekali tidak dia lakukan, hingga terulang lagi sekitar beberapa minggu lalu. Dia mulai menggaruk-garuk siku lengan kirinya hingga berdarah. Kemudian dikope setiap kami lengah (untuk mencegahnya).

Oleh Ayah, lukanya dibersihkan pakai alkohol, diolesi Betadine lalu ditutup Hansaplast. Sekarang lukanya  sudah sembuh, namun masih meninggalkan bekas menghitam.

Beberapa hari lalu, kami melihat Fay memencet-mencet lututnya di satu titik. Setelah diamati, rupanya dia berusaha membuat luka baru di lutut. Dia memencet-mencetnya, berharap ada darah keluar.

Di lain kesempatan, Fay makan mangga dengan garpu. Selagi kami lengah, garpunya dipakai untuk menusuk lukanya. Dia terus cari alasan untuk memakai garpu, biar dapat kesempatan untuk menusuki lukanya itu.

Nah, suatu siang, aku menunggui cucian di tangga, sedangkan Fay terlihat di bawah sedang nonton K-Pop kesukaannya.

Entah dari mana dan kapan dia dapatkan, tampak Fay sedang menusuk-nusuk lututnya dengan sebuah sekrup berkarat. Langsung aku turun dan mengamankan sekrup itu.

Lalu lukanya diguyur dengan alkohol. Anehnya dia tak tampak merasa keperihan, seperti reaksi orang yang lukanya diguyur alkohol. Padahal, di sekitar lukanya sudah menghitam dengan diameter sekitar 5 cm.

Reaksinya? Dia malah senang dan minta lukanya ditutup pakai plester luka (Hansaplast atau yang lainnya).

Oh, rupanya itu semua dia lakukan kemungkinan untuk mendapat sensasi "ritual menyembuhkan luka".

Aduuh Fay, Ibu capek deh. Bagaimana caranya Ibu melindungi Fay dari diri kamu sendiri? :(
 

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home