Amazing Fay

Catatan Harian Fairuz Khairunnisa'

Thursday, December 16, 2004

Catunglis

Kemarin Bu Ida, Bu Gurunya Fay berpesan, anak-anak yang bisa dinaikkan ke kelas 2 hanya anak-anak yang sudah bisa "catunglis". Apa itu? Ca = membaca, tung = berhitung, dan lis = menulis.

Tapi, bagi yang hanya bisa berhitung dan menulis, kata Bu Guru, tetap tidak bisa dinaikkan. Pasalnya, melatih berhitung lebih gampang ketimbang membaca. Jadi, kuncinya, harus sudah bisa membaca. Sebelum bisa membaca, si anak akan tetap ditahan di kelas 1 (seperti pengalaman seorang teman Fay yang sudah dua kali tidak naik kelas gara-gara susah sekali belajar membaca).

Tapi bagi Fay, baik itu membaca, berhitung maupun menulis, semuanya sudah dikuasai. Masalahnya, Fay belum mengerti arti harfiah dari setiap kata yang dibaca atau ditulisnya. Kalau anak lain ada yang menulis dengan susah payah --tapi mengerti. Fay menulis atau membaca dengan begitu cepatnya, seolah-olah sambil lalu saja. Tapi sama sekali tidak tahu apa yang ditulisnya. Sehingga sering terjadi, kalau Fay bikin rangkaian kalimat, kita sulit menangkap maknanya, karena cuma serangkaian kata-kata saja.

2 Comments:

  • At 4:38 PM, Blogger dyka said…

    wah hebat mbak fay dah bisa semuanya..ntar jadinya naik ke kelas dua ya?

    *)Tante Iin

     
  • At 1:50 PM, Blogger Fay said…

    tante belum bisa bhs sunda? gpp, kan bisa belajar saya ayahnya nabil. :D lagipula, nabil kalo nanti sekolah --sepanjang sekolah di wilayah DKI Jakarta-- gak bakal ada pelajaran bhs sunda. kecuali kalo tinggal di wilayah jawa barat.

     

Post a Comment

<< Home