Amazing Fay

Catatan Harian Fairuz Khairunnisa'

Wednesday, January 12, 2005

Bantuan Itu...

Barusan saya membaca di koran, sepuluh tukang becak anggota Forum Komunikasi Pemilik dan Pengayuh Becak (FKPPB) Kota Depok mendatangi Posko Bantuan Aceh Pemkot Depok, guna menyampaikan bantuan dari para tukang becak, berupa 30 dus air mineral dan mi instan. Saya terharu membacanya.

Lebih mengharukan lagi, mereka menyatakan siap jadi relawan untuk merekonstruksi Kota Banda Aceh dan kota-kota lainnya yang terkena musibah tsunami. Para tukang becak anggota FKPPB --yang kini jumlahnya mencapai 5.000 orang-- itu mengaku, hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian mereka bagi saudara-saudara mereka di ujung barat Indonesia itu. Menurut mereka, banyak di antara tukang becak Depok yang memiliki keahlian sebagai tukang bangunan.

Berita lainnya, para pengamen di Surabaya sengaja mengumpulkan uang hasil ngamen mereka sebanyak Rp 100.000 untuk disumbangkan ke Aceh. Lalu, mereka mengamen lagi, terkumpul Rp 600.000, dan disumbangkan lagi ke Aceh.

Tanpa mengecilkan peran para dermawan yang telah menyumbang Aceh bermilyar-milyar rupiah, saya sangat salut pada wong cilik yang masih memikirkan dan sempat menggalang dana atau barang untuk disumbangkan ke daerah yang terkena musibah itu. Bisa dibayangkan, berapa penghasilan seorang tukang becak? Berapa penghasilan seorang pengamen?

Pengorbanan tukang becak dan pengamen itu sungguh luar biasa, sebab --boleh dibilang-- telah "mengorbankan sebagian hidupnya" untuk saudara-saudara sebangsa yang memerlukan bantuan. Saya jadi malu melihat keberanian mereka.

1 Comments:

  • At 8:35 AM, Blogger cie said…

    Subhanallah.. jadi malu, ga banyak berbuat nihhhh :(

     

Post a Comment

<< Home