Amazing Fay

Catatan Harian Fairuz Khairunnisa'

Wednesday, February 23, 2005

Anti-Rokok vs Suka Rokok

Entah kenapa, Fay suka sekali melihat-lihat deretan rokok di toko maupun supermarket. Padahal, ayahnya sama sekali gak merokok, malah anti-rokok. Saya apalagi. Kakeknya, omnya, uwaknya; semua lingkungan terdekat Fay gak ada yang merokok (kecuali uwak yang jauh di Kalimantan)!

Mungkin dia senang melihat deretan teratur yang berwarna-warni dari kemasan rokok. Menurut dokter, anak autis memang senang dengan segala sesuatu yang berderet rapi.

Bukan itu saja. Fay juga suka menggambar kemasan rokok. Misalnya, di buku pelajaran Pendidikan Agama Islam-nya. Ia malah menggambar bungkus rokok "Kansas", yang ditulisnya sebagai "Kasas", lengkap dengan logonya. Juga di dus bekas gelas mug, yang ditulisi merek rokok "Marlboro" (dia tulis "Maloro), digambari logo khasnya (tapi runcingnya kelebihan satu), plus embel-embel "12 Sigaret Kretek".

Lucunya, dia ingat dengan peringatan pemerintah yang lazim dicantumkan dalam setiap kemasan rokok. Dia menulis: "Merokok dapat menyebebkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin". :P

Biasanya, anak meniru dari lingkungan terdekatnya (ayah-ibunya). Tapi Fay dari mana coba? Saya kira, dari iklan di televisi, majalah atau surat kabar.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home