Amazing Fay

Catatan Harian Fairuz Khairunnisa'

Monday, June 13, 2005

Keep Busy

Mengasuh Fay harus pandai-pandai membuatnya sibuk. Misalnya, mengajaknya menggambar, menulis atau membaca. Atau membuka-buka majalah. Sebab kalau tidak, bawaannya ngajak ke luar terus. Yang kalau dalam bahasanya, "Ayah (atau Ibu), Fay mau jajan. "Jajan" yang dia maksud bukan (hanya) jajan di warung atau toko, tapi bisa pula jalan-jalan. Maklum, vocab-nya masih terbatas. Kalau sudah memaksa, lalu disuruh bicara, kalimat yang keluar pasti kalimat di atas.

Tapi ternyata, kemarin muncul juga kalimat lainnya. Di rumah kakeknya, dia senang menarik-narik gordeng di pintu, sampai relnya bengkok ke bawah. Lalu, ayahnya meluruskannya lagi. Saat rel gordeng itu bengkok lagi karena ditarik, Fay meminta ayahnya meluruskannya lagi dengan kata-kata, "Ayah, Fay mau pintu." Saat ayahnya kebingungan, pintu mana yang "musti diapakan", Fay menunjuk pada gordeng yang rel di atasnya bengkok. Ternyata, pintu yang dia maksud gordeng di pintu.

Setelah diberitahu bahwa itu namanya gordeng, Fay menambah lagi perbendaharaan katanya dengan "gordeng". Ia lalu mengganti kata "pintu" dengan "gordeng", kalau ia minta tolong lagi membetulkan rel gordeng itu. Alhamdulillah, meski dengan susah payah mengenalkan kata-kata pada Fay, ternyata dia sedikit demi sedikit mau belajar. Yang penting, keep her busy. Kalau nggak, jajan lagi, jajan lagi. :P

0 Comments:

Post a Comment

<< Home