Amazing Fay

Catatan Harian Fairuz Khairunnisa'

Thursday, March 31, 2005

Belajar Iqro

Fay belakangan ini senang sekali belajar Iqro. Sebagaimana diceritakan di postingan terdahulu, Fay suka belajar baca huruf Arab ini setelah dibelikan Balok Iqro. Ia sering memain-mainkan kombinasi huruf-hurufnya, menjadi kata-kata atau kalimat yang berarti. Misalnya, untuk kasroh: "ada raja mahakaya". Atau paduan kasroh, fattah dan dlomah, seperti "ibu suka susu". Terkadang, Fay senang mendengar ayahnya melafalkan huruf 'ain dan 'kho. Sering ia bilang "ho", untuk dibenarkan pelafalannya, lalu ketawa.

Sekarang Fay masih belajar Iqro Satu. Sebenarnya, Fay sudah hafal cara melafalkan semua huruf hijaiyah yang dipadukan dengan kasroh. Tapi pelafalannya belum benar. Maklum, huruf "L" dan "R" dilafalkan sama saja: kedengarannya seperti "ew".

***

Seperti juga ditulis pada postingan sebelumnya, Fay suka mengoleksi bungkus bekas rokok. Rupanya, ia menyukai grafisnya, baik itu desain maupun tulisannya. Bahkan, "koleksi" rokok Fay disimpannya dalam tas kertas yang digantungnya di dinding. Ternyata Fay sudah bisa menuliskan inventaris "koleksi-koleksinya" di kantong kertas itu. Antara lain, Marlboro Lights, Ardath Light, Ardath Special, Djarum Coklat, Dji Sam Soe, Wismilak Slim. Asal tau saja, tak semua bungkus rokok itu "beneran". Ayahnya membuat kotak seukuran bungkus rokok lalu membungkusnya dengan kertas putih. Dengan tulisan tangan seadanya, ayahnya menuliskan merek rokok yang diinginkan Fay. Dia sendiri memberikan "finishing touch" dengan goresan pensil gambar atau crayon sebagai pewarnanya. :)

4 Comments:

  • At 4:34 AM, Anonymous Anonymous said…

    wah mas tian kreatif banget euii..senangnya ya mbak fay punya ayah dan ibu yang kreatif :)...also smoga lancar belajar iqronya yaa

    *)Nte Iin

     
  • At 11:44 AM, Blogger Fay said…

    alhamdulillah, tante. amin!

     
  • At 6:05 AM, Blogger Zubia and Yusuf's Mom said…

    wah kak Fay lagi semangat belajar Iqro ya...Ayuk Kak, teruskan, ntar gantian kak Fay yang ajarin Zubi ya..

     
  • At 3:25 PM, Anonymous Anonymous said…

    fay, belajar iqro bareng masha yuuk...biar tambah semangat belajarnya :-)

     

Post a Comment

<< Home