Amazing Fay

Catatan Harian Fairuz Khairunnisa'

Monday, August 15, 2005

Mengguntingi Uang


SAAT saya masak di dapur, Fay lagi asik dengan mainannya, kotak-kotak rokok yang dia modifikasi sendiri. Seperti pernah diceritakan dalam postingan sebelumnya, entah kenapa Fay senang sekali dengan kotak dan merek-merek rokok, padahal ayahnya sama sekali tidak merokok, dan di rumah ini tak pernah ada asap rokok.

Tapi saya merasa tak enak, ketika Fay asik sendirian tanpa suara. Benar saja. Sewaktu saya cek, ternyata dia lagi asik mengguntingi uang! Dua lembar uang dari dompet saya, Rp 20.000 dan Rp 5.000, dia guntingi sampai jadi serpihan memanjang satu sentian. Rupanya, dia sedang membuat "pita cukai rokok", yang ditempel pada mainan kotak rokoknya (alur dalam cukai rokok memang mirip-mirip uang, dan ada nilai nominalnya pula).

* * *

Sampai kelas satu ini, Fay masih belum mengerti mata uang, gunanya uang, dan nilai uang. Kalau membeli sesuatu, selalu kami dampingi. Dia tinggal ngambil apa yang dia perlukan, kami yang membayarnya.

Nyesek juga sih. Tapi apa boleh buat, nasi sudah menjadi bubur (maksudnya, uang sudah menjadi serpihan kertas -yang susah disatukan lagi). Apalagi ayahnya -yang saya kabari- mengatakan, "Sudahlah. Innalillahi saja. Apa artinya dua puluh lima ribu dibanding Fay..."

Gambar uang Rp 20.000: dari sini

4 Comments:

  • At 12:50 PM, Anonymous Anonymous said…

    bener mbak efin...nilai uangnya ngga seberapa ya dengan kepuasannnya mbak fay berkreasi :)..mbak fay lain kali gunting kertas yang lain aja yaa

    *)In

     
  • At 6:24 AM, Anonymous Anonymous said…

    iya... Fay terlalu berharga... :)
    semoga lambat laun bisa mengerti arti uang...

    btw, lama saya nggak kasih komen di sini..tp selalu baca kok ^_^

    kenapa shoutboxnya rusak ya? jadinya gak bisa cuap-cuap..hehehe :p

     
  • At 6:28 PM, Anonymous Anonymous said…

    Yah namanya anak2 hehehe.... yg utama tuh kreatifnya itu lhoh.... ya ngga Fay..... MERDEKAAAAAA

     
  • At 1:14 PM, Blogger Lisa said…

    Duuh, lama gak kesini malah baca cerita Fay ngguntingin uang... hmhmhm...
    Pinter nih Fay, sampe bisa kepikiran sama uang buat pita cukai rokok.. hehehe

     

Post a Comment

<< Home